Jumat, 03 Mei 2019


Dekati Rasulllah Dengan Sunnahnya
(Serly Novia Fitri -Matematika 5B)

Agama islam adalah agama yang “Rahman lil’ alamin”. Seperti yang sudah jelas pada kalam Allah pada QS.Al-Anbiya ayat 107, tersebut jelas bahwa islam merupakan agama yang membawa rahmat dan kesejahteraan bagi semua alam semesta beserta isinya. Islam juga mengatur yang baik dan buruk bagi umat manusia serta kewajiban dan larangan bagi yang mempercayainya. Sholat,zakat, puasa, saling membantu antar umat merupakan beberapa contoh dari suatu kewajiban.
Melakukan suatu kewajiban bagi umat muslim merupakan suatu kepastian yang harus kita lakukan karena sudah seruang dari sang pencipta. Dalam menjalankan amalan kewajiban kita sering merasa berat atau bahkan sering lalai dalam menjalankannya. Pertanyaannya dengan amalan kewajiban saja kita sudah lalai menjalankan bagaimana dengan amalan Sunnah Rasulullah SAW. Amalan sunnah Rasulullah merupakan semua amalan atau sesuatu yang dilakukan oleh rasulullah berupa kebiasaan yang baik dan kita bisa teladani bersama.
Berdasarkan beberapa survei maupun yang sering terjadi di sekitar kita, puasa senin-kamis merupakan amalan sunnah rasulullah yang sering di lakukan oleh kita dan orang-orang islam yang lainnya. Padahal sunnah rasul ada banyak bentuknya, namun yang familiar hanya satu sampai dua saja. Bagaimana kita ingin dicintai dan dekat dengan Rasulullah SAW jika kita tidak sepenuhnya mengenal Nabi Muhammad SAW sendiri. Nabi Muhammad adalah manusia dengan kesederhanaannya, oleh karena itu hal-hal kecil yang baik dan menjadi sunnahnya yang biasa kita abaikan atau bahkan kita tidak mengetahuinya. Beberapa contoh amalan sunnah yang terlihat kecil namun sering terlupa oleh kita yaitu :
1.       Mendahulukan kaki kanan saat memakai sandal dan kaki kiri saat melepasnya.
Hal kecil yang dilakukan oleh Rasulullah yang bernilai pahala jika kita melakukan yaitu mendahulukan kaki kanan saat memakai sandal dan melepas dengan kaki kiri, seperti yang telah diriwayatkan dari Abu Hurairah R.A bahwa Rasulullah SAW bersabda. ”Jika kalian memakai sandal maka dahulukan kaki kanan dan jika melepasnya, maka dahulukanlah kaki kiri. Jika memakainya maka hendaklah memakai keduanya atau tidak memakai keduanya sama sekali (HR.Al-Bukhari dan Muslim).
2.      Menjaga dan Memelihara Wudhu
Amalan ini sering kita lupakan dalam aktivitas sehari-hari, meski sudah dibuktikan bahwa air wudhu sangat baik untuk kesehatan menurut penelitian. Sebagaimana hadist yang berbunyi, “Istiqamahlah (konsistenlah) kalian semua (dalam menjalankan perintah Allah) dan kalian tidak akan pernah dapat menghitung pahala yang akan Allah berikan. Ketahuilah bahwa sebaik-baik perbuatan adalah sholat dan tidak ada yang selalu memelihara air wudhu kecuali orang mukmin (HR.Ahmad dan Ibnu Majah)”.
3.      Berwudhu Sebelum Tidur Dan Tidur Dengan Posisi Miring Ke Kanan
Islam merupakan agama yang mengatur segala tindak perbuatan kita dari bangun tidur sampai tidur kembali, untuk kebaikan umatnya. Seperti yang dilakukan Rasulullah dalam tidurnya sesuai hadist yang diriwayatkan Al-Bukhori dan Muslim, “Jika kamu hendak tidur, maka berwudhulah seperti hendak shalat, kemudian tidurlah dengan posisi miring ke kanan dan bacalah ‘Ya Allah, aku pasrahkan jiwa ragaku kepada-Mu, aku serahkan semua urusanku kepada-Mu, aku ,lindungkan punggungku kepada-Mu, karena cinta sekaligus takut kepada-Mu, tiada tempat berlindung mencari keselamatan dari (murka)-Mu kecuali kepada-Mu, aku beriman dengan kitab yang Engkau turunkan dan dengan nabi yang Engkau utus’. Jika engkau meninggal, maka engkau meninggal dalam keadaan fitrah. Dan usahakanlah doa ini sebagai akhir perkataanmu”.
4.      Mengucapkan salam kepada semua orang islam termasuk anak kecil
Mengucapkan salam merupakan suatu hal yang terlihat mudah dilakukan namun pada realitanya masih jarang dilakukan. Dari Abdullah Bin Amru RA. Ia menceritakan, “seorang laki-laki bertanya kepada Rasulullah SAW, ‘Apa ciri keislaman seseorang yang paling baik?’. Rasulullah SAW menjawab,’ kamu memberikan makanan (kepada orang yang membutuhkan) dan mengucapkan salam kepada orang yang kam kenal dan orang yang tidak kamu kenal (HR.Al-Bukhori dan Muslim).

Beberapa diatas adalah sebagian kecil dari banyak sunnah Rasulullah yang sering kita lupakan atau bahkan tidak mengetahuinya. Masih banyak sunnah Rasulullah,yang harusnya kita sebagai orang muslim wajib mencari tahu karena seperti halnya kita ingin mendekatkan diri kepada orang yang kita saying yaitu dengan mengenali salah satunya mencari tahu kebiasaan-kebiasaan atau kesukaan yang disukai oleh orang yang kita ingin didekati. Mendekatkan diri kepada Rasulullah dengan mengenali sunnah-sunnahnya adalah suatu kebaikan yang akan mendekatkan diri kita kepada Rasulullah. Semoga kita semua termasuk dalam barisan orang mukmin yang  dekat dengan Rasulullah seperti dekatnya jari telunjuk dengan jari tengah.

0 komentar:

Posting Komentar