Jumat, 08 Mei 2015

Matriks Mathematics Olympiad (MMO) 2015: Agenda Besar HMJ Matriks

Matriks Mathematics Olympiad atau seringkali disingkat menjadi MMO adalah Olimpiade Matematika yang diselenggarakan oleh HMJ Matriks. Tahun ini, MMO akan diselenggarakan pada tanggal 22 Maret 2015 serta dilaksanakan serentak di 13 rayon. Peserta MMO 2015 terdiri dari jenjang SD, SMP, dan SMA atau sederajat.  Kegiatan ini bertujuan untuk menyaring bibit-bibit terbaik dalam bidang matematika dan dapat meraih juara pada olimpiade matematika berikutnya yang diselenggarakan oleh IKAHIMATIKA tingkat nasional.
            Matriks Mathematics Olympiad 2015 ini sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Selain tingkat rayon yang semakin meluas yakni se-Jawa Timur dan Bali, dari peserta pun ditambah menjadi jenjang SD, SMP, dan SMA atau sederajat. Babak penyisihannya sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 22 Maret 2015, serentak di 13 rayon. Pada babak penyisihan ini nantinya akan dipilih 5 peserta dari setiap rayon dengan nilai tertinggi dari masing-masing jenjang untuk melanjutkan ke babak semifinal yang akan dilaksanakan pada tanggal 28 Maret 2015 di Universitas Muhammadiyah Malang.
            Babak final MMO 2015 juga dilaksanakan pada tanggal 26 April 2015. Dari babak semifinal, akan dipilih 30% dari seluruh total peserta dari tiap jenjang untuk melanjutkan ke babak final. Pada babak final, hanya ada dua soal penalaran yang harus dikerjakan oleh peserta lalu dilanjutkan dengan presentasi untuk menjelaskan jawaban dari soal tersebut.
            Tingkat kesulitan soal-soal pada MMO 2015 ini dinilai naik satu level dari tahun-tahun sebelumnya. Tim penyusun soal MMO 2015 mengaku bahwa mereka sedikit kesulitan dalam menyusun soal-soal olimpiade ini,”Banyak soal-soal yang sudah kita buat, tapi saat dikonsultasikan kepada dosen pembimbing, malah dicoret semua. Jadi ya kita buat soal lagi,” ujar Mar’atus Solikhah koordinator tim penyusun soal. Tapi, dibalik naiknya tingkat kesulitan soal MMO 2015 ini akan melahirkan the real winner.
            Seluruh panitia MMO 2015 saat ini tengah gencar melakukan publikasi baik secara online maupun offline. 1600 leaflet telah disebar ke seluruh rayon, dan blog hmj-matriks-umm.blogspot.com yang sempat vakum selama beberapa minggu pun kini mulai aktif kembali dengan adanya artikel-artikel dan revisi peraturan MMO 2015. Apalagi, ditambah dengan pendaftaran MMO 2015 yang dilakukan secara online, membuat tim pubdekdok harus bekerja keras. Namun, dibalik kerja keras dari seluruh panitia MMO 2015, tersirat harapan bahwa MMO 2015 ini harus mendulang sukses dan dapat melahirkan generasi yang berkompeten dalam matematika. Mathematics Is Your Success Key, Get It! (IMN)


0 komentar:

Posting Komentar